Pasar Cinta di Vietnam Jadi Tradisi Ajang Cari Jodoh

Pasar Cinta di Vietnam Jadi Tradisi Ajang Cari Jodoh
Pasar Cinta di Vietnam Jadi Tradisi Ajang Cari Jodoh
Wanita Vietnam di Hanoi

Detikgroup.com – Dari generasi ke generasi, anak muda etnis minoritas di Khau Vai, Vietnam, pergi ke sebuah pasar di Kota Sapa setiap hari ke-27 bulan ketiga untuk mencari jodoh.  Pasar yang diberi julukan ‘Pasar Cinta’ tersebut kini sudah menjadi sebuah tradisi. Tahun ini, Pasar Cinta akan dihelat pada 13 hingga 16 Mei di Distrik Meo Vac, Provinsi Ha Giang, Vietnam.

Menurut yang di Langsir pihak detikgroup.com,“Khau Vai Love Market ( Pasar cinta ) adalah aktivitas budaya unik dari warga lokal dan sudah menjadi festival legendaris bagi orang yang jatuh cinta, yang tidak bisa menikah karena berbagai macam alasan,” ujar Wakil Kepala Provinsi Meo Vac yang menjadi penyelenggara festival, Tran Kim Ngoc, seperti dilansir detikgroup.com

Pasar Cinta di Vietnam Jadi Tradisi Ajang Cari Jodoh
ilustrasi

Para leluhur etnis Khau Vai sendiri tidak mengetahui awal mula diadakannya Pasar Cinta. Namun, memang ada legenda kisah cinta yang diceritakan turun-temurun,” Ujar salah satu peserta dalam Pasar cinta kepada detikgroup.com

Legenda etnis Khau Vai sendiri  Adalah Kisah seorang anak laki-laki bernama H’Mong yang memadu kasih dengan Giay, gadis dari suku berbeda. Untuk menghindari pertumpahan darah antara kedua suku, H’Mong dan Giay dipisahkan.

Tak rela dipisahkan secara paksa, H’Mong dan Giay akhirnya mengikat janji untuk bertemu pada 26 Maret di pasar Khau Vai. Dari sinilah diperkirakan tradisi Pasar Cinta dimulai. Demikian Penjelasan yang di dapatkan oleh pihak detikgroup.com saat meliput di sana.

Menurut detikgroup.com, Pasar Cinta Khau Vai kini menjadi ajang memadu kasih, baik untuk pemuda lajang, maupun yang telah memiliki pasangan.  Untuk mengukir sejarah kisah cinta legendaris tersebut, sebuah pertunjukan seni dan kontes kecantikan juga telah disiapkan oleh Tran dan hingga kini tradisi tersebut masih berlaku dan tetap di jalankan di Kota Sapa setiap hari ke-27 bulan semua gadis jomblo vietnam akan menunggu jodoh mereka di sana.

Demikianlah Liputan dari detikgroup.com mengenai Pasar Cinta di Vietnam Jadi Tradisi Ajang Cari Jodoh, bagi anda yang ingin menemukan dan menikahi wanita vietnam bisa kunjungi Pasar cinta tersebut ya.

Related posts

Leave a Comment