Prihatin! Sudah 270 Ribu Warga Rohingya Mengungsi ke Bangladesh

Prihatin Sudah 270 Ribu Warga Rohingya Mengungsi ke Bangladesh

Prihatin Sudah 270 Ribu Warga Rohingya Mengungsi ke Bangladesh

Detikgroup.com – Jumlah pengungsi Rohingya di Bangladesh terus bertambah. Badan pengungsi PBB, UNHCR menyatakan, sekitar 270 ribu warga Rohingya telah meninggalkan Rakhine, Myanmar dan mengungsi ke Bangladesh dalam dua pekan terakhir.

“Para pengungsi saat ini memenuhi tempat-tempat penampungan darurat yang telah menjamur di sepanjang jalan dan di tanah yang ada di wilayah-wilayah Ukhiya dan Teknaf,” demikian disampaikan UNHCR kepada para wartawan di Jenewa, Swiss seperti dilansir kantor berita Reuters, Jumat (8/9/2017).

Disebutkan UNHCR, para pengungsi Rohingya yang sebagian besar wanita tersebut, tiba di Bangladesh dengan kondisi menyedihkan.

“Sebagian besar adalah wanita, termasuk para ibu dengan bayi-bayi mereka yang baru lahir, keluarga dengan anak-anak. Mereka tiba dalam kondisi menyedihkan, kelelahan, lapar dan sangat membutuhkan tempat penampungan,” demikian pernyataan UNHCR.

Juru bicara UNHCR, Vivian Tan mengatakan, jumlah tersebut melonjak dari angka 164 ribu pengungsi pada Kamis (7/9). Ini dikarenakan badan pengungsi PBB tersebut baru saja menemukan dua kantong pengungsi lainnya di wilayah-wilayah perbatasan Bangladesh-Myanmar.

“Ini tidak lantas menunjukkan kedatangan baru dalam waktu 24 jam terakhir. Namun bahwa kami telah mengidentifikasi lebih banyak orang di wilayah-wilayah berbeda yang sebelumnya tidak kami ketahui,” kata Tan.

“Jumlahnya sangat memprihatinkan itu benar-benar berarti bahwa kita harus meningkatkan respons kita dan bahwa situasi di Myanmar harus segera ditangani,” imbuhnya.

Related posts

Leave a Comment