Berita Heboh Hari Ini Pemerintah Evaluasi Negara Tujuan dan Bidang Studi Beasiswa LPDP

Berita Heboh Hari Ini

Berita Heboh Hari Ini – Dana abadi pendidikan yang dikelola Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan juga menyalurkan beasiswa ke luar negeri. Namun pemerintah akan mengevaluasi negara tujuan pengiriman pelajar RI agar tidak monoton.

Berita Heboh Hari Ini Pemerintah Evaluasi Negara Tujuan dan Bidang Studi Beasiswa LPDP

“Kita akan coba prioritas di China juga, Amerika, pokoknya perguruan-perguruan tinggi terbaik di dunia,” kata Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (27/12/2017).

Menurut Nasir akan ada penambahan jumlah penerima beasiswa karena peningkatan anggaran. Pemerintah akan kembali membahas tema ini 2-3 pekan lagi.

Sejak tahun 2013, ada 18.466 penerima beasiswa LPDP. Menurut Nasir, semua sudah terdistribusi ke berbagai bidang studi.

Presiden Jokowi, sambung Nasir, ingin agar beasiswa LPDP merata untuk warga dari wilayah barat hingga timur Indonesia. Maka itu proses perekrutan juga akan dievaluasi.

“Dari daerah timur itu harus diakomodasi,” ujar Nasir.

Selain peserta, bidang studi yang nantinya menerima beasiswa pun dievaluasi agar sesuai kebutuhan negara.

“Soal masalah pendanaan, bagaimana pengelolaannya, bidang studi apa yang akan dimasuki, di negara mana, bidang ilmu apa yang utama. Karena ilmu sosial yang banyak selama ini, padahal yang ingin didorong sains dan teknologi,” papar Nasir.

Diwawancara terpisah, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyampaikan, beasiswa LPDP juga akan dialokasikan ke tenaga pengajar. Dengan begitu diharapkan lulusan SD hingga sekolah menengah bisa berkualitas.

“Jadi program-program pelatihan terutama yang guru-guru untuk memiliki keahlian yang dibutuhkan untuk dunia keterampilan, dunia industri, termasuk juga untuk bench-marking dengan pendidikan yang ada di luar yang menjadi standar yang kita akui yang memiliki reputasi internasional termasuk pendidikan dasar, pendidikan karakter itu,” tutur Muhadjir.

Muhadjir menargetkan sebanyak 2.000 guru bisa mendapatkan beasiswa itu pada tahun 2018. Namun besaran anggaran terkait program ini belum dibahas.

Related posts

Leave a Comment