Berita Heboh Hari Ini Tangkal Ancaman Korut, AS-Korsel Mulai Gelar Latihan Gabungan

Berita Heboh Hari Ini Tangkal Ancaman Korut, AS-Korsel Mulai Gelar Latihan Gabungan

Berita Heboh Hari Ini Tangkal Ancaman Korut, AS-Korsel Mulai Gelar Latihan Gabungan

Berita Heboh Hari Ini – Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel) mulai menggelar latihan militer gabungan di perairan dekat Semenanjung Korea. Latihan gabungan ini tetap digelar di tengah ancaman rudal dan nuklir Korea Utara (Korut).

Seperti dilansir Reuters, Senin (16/10/2017), sekitar 40 kapal perang Angkatan Laut milik kedua negara, termasuk kapal induk bertenaga nuklir USS Ronald Reagan, ikut serta dalam latihan gabungan yang digelar pada 16-20 Oktober ini.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Korsel menyatakan, latihan gabungan ini akan digelar di pantai timur dan barat Semenanjung Korea. Korut sebelumnya menyebut latihan militer gabungan AS-Korsel sebagai ‘latihan perang’.

Berita Heboh Hari Ini – Menteri Luar Negeri AS, Rex Tillerson, pada Minggu (15/10) waktu setempat menyatakan Presiden Donald Trump telah menginstruksikan dirinya untuk melanjutkan upaya diplomatik terhadap Korut. “Upaya-upaya diplomatik akan berlanjut hingga bom pertama dijatuhkan,” ucapnya.

AS-Korsel Mulai Gelar Latihan Gabungan

Ketegangan di Semenanjung Korea meningkat tajam dalam beberapa minggu terakhir. Korut menggelar serangkaian uji coba rudal, termasuk uji coba bom nuklir keenam dan paling kuat pada 3 September lalu dan meluncurkan dua rudal hingga melintasi wilayah Jepang.

Korut juga diyakini tengah bersiap untuk menguji coba rudal jarak jauh, yang diyakini bisa mencapai wilayah pantai barat AS.

Berita Heboh Hari Ini – Intelijen dan pakar Korsel memprediksi rezim Korut akan kembali menggelar peluncuran rudal dalam waktu dekat. Diduga peluncuran rudal akan digelar bertepatan dengan Kongres Partai Komunis China yang dimulai Rabu (18/10) pekan ini. Dugaan uji coba rudal Korut semakin menguat setelah AS dan Korsel mengumumkan latihan militer gabungan yang dimulai pekan ini.

Berita Heboh Hari Ini – Berbicara dalam konferensi pers di Seoul pada Senin (16/10) waktu setempat, Komandan Angkatan Udara Pasifik AS. Jenderal J O’Shaughnessy, menegaskan senjata nuklir dan program nuklir Korut sungguh menjadi ancaman dan AS tetap teguh bertekad melindungi sekutu-sekutunya.

“Meskipun negara-negara seperti Korea Utara mengancam keamanan dan perdamaian kawasan. Kekuatan udara sekutu-sekutu kita harus siap menanggapi dengan kekuatan melimpah, mematikan dan cepat demi menjaga kepentingan kita,” tegasnya.

Related posts

Leave a Comment