Penghancuran Marawi hingga Bayi Lahir di Udara

Penghancuran Marawi hingga Bayi Lahir di Udara

Detikgroup.com – Rencana Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, menghancurkan kota Marawi yang dikuasai gerombolan teroris Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) paling banyak dibaca.

Berita tersebut telah ditayangkan sejak Selasa (20/6/2017), namun hingga Rabu (21/6/2017), masih terus diminati sehingga menempati posisi terpopuler.

Ada beberapa berita lain, yang juga layak disimak kembali, seperti ular yang ditemukan di dalam mie yang dihidangkan sebuah restoran di China, bayi lahir di udara, hingga ancaman Rusia menembak jatuh pesawat AS di udara Suriah. Simak kembali berita-berita tersebut di bawah ini.

1. Terpaksa Hancurkan Kota Marawi, Presiden Duterte Minta Maaf

Presiden Filipina Rodrigo Duterte meminta maaf karena terpaksa melakukan serangan militer ke Kota Marawi, hingga kota berpenduduk mayoritas Muslim itu menjadi reruntuhan.

Duterte mengaku tindakan itu harus dilakukan demi menghancurkan kelompok teroris yang mengaku berkiblat ke gerombolan teroris Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS), yang bersarang di sana.

Selain itu, Duterte juga menyebut, serangan udara yang didukung Amerika Serikat di Marawi akan berlanjut. Apa sebabnya dan bagimana perkembangan terbaru hingga jumlah korban tewas dari serangan di Marawi, simak tautannya di sini.

2. Ada Ular dalam Mie Bikin Restoran Ini Ditutup Sementara

Sebuah restoran di wilayah otonomi Guangxi Zhuang, China terpaksa ditutup setelah seorang pelanggan menemukan seekor ular di dalam mie pesanannya.

Perempuan perempuan yang hanya disebut bernama Wang itu mengatakan, dia memberi semangkuk mie daging siput, makanan khas daerah itu, pada akhir pekan lalu.

Setelah mendapatkan mie pesanannya, Wang kemudian membawa makanan ke kamar asramanya untuk disantap.

Namun, apa yang ditemukannya, ternyata ular di antara mie pesanannya. Lalu bagaimana kisah selanjutnya, simak berita itu dengan mengklik tautannya di sini.

3. Menengok Sepak Terjang Maute Bersaudara di Filipina

Sepak terjang kakak beradik Omarkhayam dan Abdullah Maute di Marawi, Filipina selatan, sudah dimulai bertahun-tahun lalu.

Setelah lulus dari SMA Kristen Dansalan College, Maute bersaudara menempuh studi di Timur Tengah.

Menurut Sidney Jones, direktur Institute for Policy Analysis of Conflict di Jakarta, dan Rommel Banlaoi, dari Philippine Institute for Peace, Violence and Terrorism Research di Manila, kakak beradik tersebut berbeda jurusan.

Omarkhayam menuju Universitas Al-Azhar di Kairo, Mesir sedangkan Abdullah menuju ke Jordania. Dalam periode inilah, menurut Jones, Maute bersaudara mengalami proses radikalisasi.

Selang 10 tahun kemudian, kata Banlaoi, mereka kembali ke Mindanao dan mendapat arahan dari Ustaz Sanussi asal Indonesia. Di bagian manakah di Indonesia? Baca di sini.

4. Bayi Lahir di Udara, Jet Airways Berikan Tiket Gratis Seumur Hidup

Sebuah maskapai penerbangan swasta India, Jet Airways, memberikan tiket pesawat gratis seumur hidup untuk bayi yang lahir di udara dalam perjalanan dari Arab Saudi ke India.

Para awak dan seorang penumpang yang kebetulan adalah perawat berhasil membantu kelahiran prematur bayi pada ketinggian 10.688 meter.

Ibu dan bayinya segera dibawa ke rumah sakit setelah pesawat Boeing 737 mendarat di kota Mumbai, India. Ikuti kisah selanjutnya di sini.

5. Rusia Ancam Tembak Pesawat AS yang Terbang di Wilayah Suriah

Rusia mengancam akan memperlakukan jet-jet tempur Amerika Serikat yang beroperasi di wilayah udara Suriahsebagai sasaran tembak.

“Semua jenis benda terbang, termasuk pesawat dan drone koalisi yang terdeteksi berada di sisi barat Sungai Efrat akan dilacak sistem pertahanan SAM Rusia sebagai sasaran,” demikian Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataan resminya.

Related posts

Leave a Comment